2 Resep Cara Memasak Nasi Kebuli Kambing Khas Arab Betawi

Cara memasak nasi kebuli kambing khas arab ataupun nasi kebuli ayam sama hanya lain bumbunya saja. Berikut nanti akan kita bagi rahasia cara memasak nasi kebuli lezat khas arab betawi. Nasi kebuli sesungguhnya datang dari warga keturunan arab ataupun india yang ada di betawi, tersebut penyebabnya betawi bisa disebutkan sebagai daerah asal.

resep-nasi-kebuli-daging-sapi,cara-membuat-nasi kebuli dengan rice cooker,cara membuat nasi kebuli sederhana,resep nasi kebuli ibu hanna,resep nasi kebuli betawi,pelengkap nasi kebuli,

Cara memasak nasi kebuli yang paling populer yaitu khas arab yang umumnya memakai daging kambing sebagai campurannya. Tetapi untuk bunda yang kreatif dapat pula membuat nasi kebuli dari daging ayam yang juga sama lezatnya dengan yang nasi kebuli berbahan daging kambing. Ketenaran nasi kebuli ini telah merambah keseluruh nusantara lantaran cita rasa-rasanya gurih serta enak karena bumbu bumbunya yang cukup komplit terlebih dengan penambahan kaldu wow jadi lapar saat ini. Sistem cara memasak nasi kebuli ayam ataupun kambing sama saja cuma tidak sama pada sedikit bahan bumbu saja. Pada umumnya cara memasak nasi kebuli ini nyaris serupa lewat cara memasak nasi uduk yang juga datang dari betawi.

Bumbu nasi kebuli ini lebih komplit daripada bumbu nasi uduk. Sebagian bahan bumbu nasi kebuli seperti : bawang putih, bawang bombay/merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, minyak samin serta ditambah garam pastinya. Apakah itu minyak samin. Minyak samin ini cukup populer di negara timur tengah termasuk juga arab saudi. Minyak samin yaitu mentega murni yang terbuat dari lemak hewani (unta/kambing/sapi/kerbau). Bahkan juga nyatanya cara memasak nasi kebuli ayam lebih di terima orang-orang sebab bisa disantap oleh semuanya kelompok. Terlebih untuk yang lansia pasti pilih nasi kebuli bahan ayam lantaran rendah cholesterol. Bahkan juga bila anda lebih sukai memakai daging sapi tetaplah bisa nikmati kelezatan khas nasi kebuli.

Cara memasak nasi kebuli khas ini memanglah sedikit aneh lantaran memakai kaldu kambing yang digabung dengan susu kambing serta masihlah ditambah dengan minyak samin. Memanglah disinilah letak rahasia kelezatan nasi kebuli. Hingga untuk beberapa orangtua baiknya tak konsumsi dalam jumlah yang banyak atau janganlah sehari-hari terlebih yang miliki kisah penyakit darah tinggi ataupun cholesterol. Sampai saat ini sarapan nasi kebuli ini masihlah merasa di keluarga keluarga arab ataupun warga india islam di indonesia. Bahkan juga waktu ada perayaan hari besar islam warga betawi (jakarta) masihlah kerap menyajikan nasi kebuli komplit dengan daging kambing goreng atau mungkin dengan ayam goreng serta umumnya masihlah ditambah dengan taburan irisan kurma ataupun kismis.

Cara memasak cara memasak nasi kebuli khas arap aaupun arab betawi cukup gampang serta seperti menanak nasi umum serta digabung dengan beberapa bumbu serta rempah rempah. Walau bunda bukanlah keturunan arab ataupun india tak ada kelirunya coba memasak nasi kebuli yang memanglah cukup populer ini. Yuk mulai menyiapkan bahan serta bumbunya.

1. Bahan Nasi Kebuli Kambing Khas Arab

  1. beras 1 kg
  2. Daging kambing ½ kg ada sisi tulang mudanya atau tulang riskan
  3. Kismis 3 sdm
  4. Bawang goreng 3 sdm
  5. Minyak samin 2 sdm
  6. Kayu manis1 batang
  7. Pala½ biji
  8. Cengkeh 4 biji
  9. Bunga sensitif 2 buah
  10. Serai 2 batang
  11. Kapulaga 2 buah
  12. Daun salam 2 lembar
  13. Daun jeruk 5 lembar
  14. Santan 1500 ml agak kentalnya
  15. Minyak bersama garam sediakan seperlunya
  16. Bumbu halus Nasi Kebuli Komplit :
  17. bawang putih 3 siung
  18. bawang merah 5 siung
  19. ketumbar 1 sdm
  20. jintan 1 sdt
  21. adas manis ½ sdt
  22. kunyit 4 cm
  23. jahe 2 cm

resep-nasi-kebuli-daging-sapi,cara-membuat-nasi kebuli dengan rice cooker,cara membuat nasi kebuli sederhana,resep nasi kebuli ibu hanna,resep nasi kebuli betawi,pelengkap nasi kebuli,

Tahapan Cara Memasak Nasi Kebuli Khas Arab

  1. Untuk caranya Anda mesti menumis bumbu yang telah dihaluskan berbarengan kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga, bunga peka, daun salam, serai, daun jeruk, serta garam hingga harum dan masak.
  2. Selanjutnya adalah masukan daging kambingnya, masaklah hingga daging itu berubah warna kecoklatan, lantas masukanlah berasnya.
  3. Setelah itu adalah dengan menumis berbarengan bumbu hingga beraroma harum, lantas masukan kismis dan santan, lalu kecilkan api, serta masak sampai jadi karonan.
  4. Kemudian Matikan api, lalu angkat karonan, lantas kukus sampai 30 sampai45 menit, lanjut dengan mengangkat serta berikan seperlunya minyak samin, lalu aduk rata trus dapat dihidangkan.


2. Cara Memasak Khas Lidah Indonesia

  1. Daging kambing ± 500 gram
  2. Beras ± ½ liter, pakai beras yg tidak pulen
  3. Susu kambing ± 100 ml (½ gelas), bisa ditukar dengan santan kelapa
  4. bawang putih 3 siung
  5. lada hitam ¼ sendok teh
  6. bawang bombay 1 buah
  7. cengkeh ± 3 butir
  8. jintan ± ½ sendok teh
  9. ketumbar ± 1 sendok makan
  10. kapulaga ± 4 buah
  11. pala bubuk ± ½ sendok teh
  12. kayu manis ± 3 cm
  13. minyak samin untuk menumis
  14. garam 1 sendok teh atau seperlunya

Tahapan Cara Memasak Nasi Kebuli Kambing

  1. Terlebih dulu bersihkan daging kambing serta rebus sampai masak lalu angkat. Air rebusan janganlah dibuang.
  2. Potong potong daging kambing sesuai sama selera Anda
  3. Pakai susu kambing atau juga bisa pakai santan kelapa, jugatambah dengan air sisa rebusan tadi seperlunya untuk memasak nasi aron.
  4. Haluskan bawang putih, lada hitam, bawang bombay, ketumbar, pala bubuk, jintan, sedikit garam, lalu tumis pakai minyak samin sembari diaduk sampai baunya harum.
  5. Masukan jugakapulaga, cengkeh, kayu manis, daging kambing cincang tadi, lalu di aduk agar bumbunya meresap didaging kambing. Taburi garam secukupnya atau bila perlu.
  6. Masukan nasi aron sambil aduk sampai rata.
  7. Lalu kukus sampai masak sekitaran 30 sampai 45 menit.  Selanjutnya hidangkan
Lebih Lengkap aneka resep cara memasak lihat disini

3. Cara Memasak Nasi Kebuli Daging Ayam

Minyak samin tukar minyak sayur atau mentega
Langkahnya sama persis dengan cara memasak nasi kebuli kambing
Susu kambing tukar santan kelapa
Tukar daging kambing pakai daging ayam
Sajikan sewaktu hangat dengan di taburan bawang goreng.
Akan lebih terasa lezat bila menyantapnya memakai lauk tambahan atau pun tanpa lauk tambahan juga sudah lezat. Sebab di dalamnya telah banyak tersedia kismis serta daging kambing atau daging ayam. Demikian ini saja bisa kami informasikan dalam Cara Memasak Nasi Kebuli Khas Arab. Semoga bermanfaat bagi Bunda.